Rabu, 09 Januari 2013

OpenOffice.Org Calc

SEJARAH OPENOFFICE.ORG CALC

OpenOffice.Org dikembangkan berdasarkan kode sumber (blueprint) StarOffice yang dirilis ke komunitas pada tahun 2000. Selanjutnya kode program OpenOffice.Org yang dikembangkan oleh komunitas digunakan pada StarOffice dengan ditambahkan berbagai fitur yang tidak berlisensi open source. siapa pun bisa mengakses kode sumber pembangunnya dan bisa merubah kode sumbernya.
OpenOffice.Org adalah perangkat lunak open source untuk office suite dengan kemampuan seandal office suite komersial seperti MS Office atau WordPerfect. OpenOffice.Org hadir sebagai perangkat lunak office suite alternative bagi pengguna yang tidak memiliki dana untuk membeli perangkat lunak office suite komersial.

B. TEORI OPENOFFICE CALC

 OpenOffice.Org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap, sama seperti Microsoft Excell pada Microsoft Office.
OpenOffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.
OpenOffice.org Calc adalah perangkat lunak spreadsheet yang bersifat bebas/open source, tersedia di bawah lisensi LGPL. Openoffice.org merupakan bagian dari paket aplikasi perangkat lunak OpenOffice.org. Calc sangat mirip dengan Microsoft Excel, dengan fitur yang hampir sama. Calc menyediakan sejumlah fitur yang tidak ada di Excel, seperti sistem yang secara otomatis mendefinisikan deret untuk pembuatan grafik berdasarkan layout data pengguna. Calc juga dapat secara langsung mencetak spreadsheet ke dalam format PDF. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang dimiliki Calc:
·         Teknologi baru DataPilot yang mempermudah pengambilan data mentah dari basis data perusahaan; tabulasi silang, penyimpulan, dan mengubahnya menjadi informasi yang lebih berguna.
·         Formula dengan bahasa natural, memungkinkan kita memasukkan formula menggunakan kata-kata (misal: penjualan – pembelian)
·         Intelligent Sum Button memasukkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis, tergantung pada konteks.
·         Wizard yang memandu pengguna dalam memilih dan menggunakan fungsi-fungsi spreadsheet lanjut secara komprehensif.
·         Styles and Formatting mempermudah dalam mengaplikasikan pilihan pemformatan sel secara fleksibel, misalnya merotasikan isi sel dengan bebas, template, latar belakang, garis tepi, dan banyak lagi.
·         Scenario Manager yang memungkinkan analisis “bagaimana jika...” (what if..) hanya dengan menekan satu tombol saja.
·         Penyimpanan spreadsheet dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen office. Format berbasis XML ini dapat diakses oleh perangkat lunak lain yang kompatibel terhadap OpenDocument.
  • Hasil pekerjaan lama yang dibuat menggunakan Microsoft Excel dapat dibuka dengan mudah dengan Calc. Kita juga dapat menyimpan pekerjaan yang kita buat dengan Calc ke dalam format dokumen Excel.

Keterangan :
1.      Title Bar : Nama File yang sedang aktif, jika file tersebut belum diberi nama, maka akan tertulis UNTITLED1
2.      Menu Bar : Kumpulan instruksi-instruksi untuk melakukan berbagai perintah
3.      Tool Bar : Gambar (icon) yang mewakili sebuah perintah dari salah satu sub menu, biasanya ini digunakan untuk mempercepat langkah.
4.      Cell Reference : Merupakan petunjuk cell yang aktif
5.      Formula Bar : Untuk memasukkan data atau menulis rumus
6.      Vertical Scroll Bar : Untuk menggulung layar ke atas atau ke bawah
7.      Horizontal Scrool Bar :Untuk menggulung layar ke kiri atau ke kanan
8.      Status Bar : Sebagai petunjuk tentang status atau kondisi dokumen saat ini, biasanya akan tercantum jumlah halaman dan percentase tampilan.

Beberapa kelebihan OpenOffice.Org calcdibanding office suite yang lain :
1.      Tidak ada biaya lisensi
OpenOffice.Org calc bebas untuk diguanakan dan bebas didistribusikan. Pengguna tidak perlu khawatir seandainy6a terdapat biaya di kemudian hari.
2.      Open Source
Pengguna dapat mendistribusikan, menyalin dan merubah perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan.
3.      Cross Platform
OpenOffice.Org Calc dapat dijalankan pada berbagai system operasi, seperti Windows, Mac OS X, Linux Dan Sun Solaris.
4.      Dukungan Multi Bahasa
OpenOffice.Org Calc mendukung berbagai bahasa (lebih dari 40 Bahasa), ejaan, hipenasi, dan thesaurus. Selain itu, OpenOffice Calc juga mendukung layout bahasa Complex Text Layout (CTL) dan Right To Left (RTL) seperti Hindi, Hebrew dan Arabic.
5.      User Interface yang konsisten
Semua komponen memiliki “look and feel” yang serupa, sehingga memudahkan dalam penggunaan dan penguasaan perangkat lunak.


6.      Terintegrasi
komponen OpenOffice.Org Calc saling terintegrasi satu sama lain.
7.      Granulariti
Biasanya, jika kita mengubah opsi maka akan mempengaruhi seluruh komponen. Walaupun begitu, opsi dapat diatur pada setiap komponen atau dokumen.
8.      Kompatibilitas File
OpenOffice.Org Calc disertai kemampuan untuk mengekspor dokumen ke format XML, dan Lotus 123.

Inilah alasan kenapa penulis menggunakan OpenOffice Calc
1.      Tampilan dan isi dari OpenOffice.Org hampir sama dengan MS Office yang biasa orang-orang gunakan pada komputer kita, sehingga memudahkan kita untuk beradaptasi.
2.      OpenOffice.Org bebas di download di internet, kita dapat mengakses sendiri serial numbernya sehingga tidak akan ada pembajakan.
3.      Sudah banyak buku panduan mengenai aplikasi OpenOffice.Org, sehingga kita tidak akan kebingungan lagi.
4.      Adanya forum khusus OpenOffice.Org, sehingga kita dapat bertukar pendapat mengenai ide-ide baru untuk OpenOffice.Org versi terbaru.
5.      Instalasi OpenOffice.Org dapat dilakukan di berbagai Sistem Operasi.
6.      Biaya yang terjangkau.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management