Setiap hari, kita melihat banyak sekali logo hingga kita tidak
memikirkan arti di belakang logo tersebut. Tetapi tentu saja kerja keras
dan uang yang dihabiskan untuk sebuah logo yang terlihat sederhana
mungkin memiliki arti yang lebih.Berikut 10 Logo Perusahaan terkenal
dunia yang memiliki makna atau arti serta simbol tersembunyi.
1. FedEx - Tanda Panah
Dapatkah Anda menemukan sesuatu yang tersembunyi di logo Ini? Mungkin
sekilas, logo ini terlihat sederhana dan sangatlah jelas artinya seperti
express misalnya. Tapi ternyata logo ini memiliki kesan yang lebih
mendalam. Jika Anda melihat ke kata 'Ex' pada logo mereka, Anda akn
menyadari ada ruang kosong di antara huruf E dan x. Ruang kosong itu
ternyata menyimbolkan tanda panah ke kanan. Arti dari tanda panah ini
adalah kecepatan, keakuratan dan pentingnya perkembangan ke depan.
2. Baskin Robbins - 31
Di tahun 1953, Baskin-Robbins menghasilkan sebuah inovasi dimana mereka
menawarkan es krim dengan total 31 rasa. Angka 31 ini dimunculkan dalam
logo mereka, terlihat jelas di antara nama Baskin dan Robbins, tidak
seperti sekarang ini.
Lalu pada tahun 2005, bersamaan dengan perayaan 60 tahun mereka, logo
mereka di-desain ulang. Walaupun angka 31 yang terlihat jelas
dihilangkan, angka 31 ini disembunyikan di huruf B dan R. Jika warna
mereka bukan pink, maka orang-orang kemungkinan besar tidak akan
menyadarinya. Arti dari angka 31 ini sendiri dimaksudkan agar setiap
orang dapat merasakan rasa yang berbeda setiap hari, dimana 1 bulan
paling banyak terdiri dari 31 hari.
3. Sony Vaio - Simbol Analog dan Digital
Video Audio Intelligent Organizer atau singkatnya Vaio adalah salah
sub-brand yang digunakan oleh Sony untuk berbagai produk komputernya,
dan nama logo atau brand ini sangatlah terkenal. Di samping dari kata
'vaio', ada makna tersembunyi yang jika Anda mengerti sedikit akan
istilah digital atau analog, maka Anda akan menyadarinya.
Sisi kiri dair logo dibuat menyerupai simbol gelombany yang
menggambarkan ide teknologi analog. Sedangkan sisi kanannya terdiri dari
angka "1" dan "0", dimana berartikan 2 digit binari komputer, yaitu
teknologi digital.
4. NBC - Burung Merak
Walaupun Anda mungkin kurang mengenal nama NBC atau National
Broadcasting Company, karena merupakan perusahaan penyiaran jaringan
televisi dan radio Amerika, tapi logo mereka sangatlah menarik. Sadarkan
Anda dari gambar logo mereka di atas, bahwa ada gambar burung merak di
sana?
Oleh karena itulah NBC dikenal sebagai "Jaringan Merak" (Peacock
Network). Selain itu, logo mereka juga memiliki arti lain, dimana 6 bulu
ekor merak ini menunjuk ke 6 divisi NBC pada saat mereka dibuat, yakni
divisi Berita, Olahraga, Entertainment, Stasiun, Jaringan dan Produksi.
Kepala burung merak yang menghadap ke kanan juga berartikan bahwa ia
selalu melihat ke depan, bukan ke belakang.
5. Toblerone - Beruang
Anda penggemar coklat? Mungkin Anda pernah melihat coklat ternama dar
Swiss ini. Jika Anda hanya melihat sekilas, maka Anda akan melihat logo
ini menggambarkan gunung, tepatnya gunung antara perbatasan Swiss dan
Italia. Tapi sadarkah Anda bahwa ada beruang di sana? Itu karena
Toblerone pada awalnya diproduksi di kota Bern, dimana beruang merupakan
simbol dari ktoa tersebut. Nama Toblerone sendiri berasal dari
pembuatnya, "Tobler" dan kata "Torrone" (kata italia untuk madu dan
nougat).
6. F1 - Angka 1
Pada awalnya mungkin Anda tidak menyadari apa arti dari logo ini,
mungkin hanya huruf F dan sesuatu yang cepat menyerupai angka satu.
Tetapi jika Anda melihatnya lebih teliti, Anda akan menyadari bahwa ada
angka satu di ruang antara F dan strip-strip merah. Strip-strip merah
ini menggambarkan kecepatan.
7.Carrefour - Huruf C
Jika Anda belum menyadari bahwa ada huruf C yang tersembunyi di balik
logo Carrefour maka Anda mungkin tidak akan melihatnya seperti
sebelumnya lagi. Sekarang Anda akan menyadari terus bahwa ada huruf 'C'
yang tersembunyi di balik logo Carrefour. Karena huruf 'C' benar-benar
di tengah, Anda akan selalu melihatnya.
Arti dari logo Carrefour sendiri merupakan 2 panah yang satu mengarah
ke kiri dan satunya lagi mengarah ke kanan. Mengartikan kata "carrefour"
dalam Perancis yang berarti "persimpangan", sama halnya seperti
banyaknya produk yang ditawarkan oleh supermarket ternama ini kemana-pun
Anda berjalan. Warnanya sendiri berdasarkan benderea Perancis, dimana
Carrefour didirikan.
8. Amazon - Senyum dan Keragaman
Simbol atau logo Amazon (mungkin lebih dikenal dengan amazon.com)
memberikan kata amazon dengan panah di bawah huruf a sampai huruf z.
Panah itu sendiri memberikan 2 arti, yang pertama adalah bahwa amazon
selalu memberikan kepuasan ke customernya sehinga mereka tersenyum,
dengan lubang di kedua huruf a sebagai mata. Yang kedua adalah bahwa
amazon memberikan keragaman produk yang tidak terbatas dari 'a' sampai
'z'.
9. Sun Microsystem - Kata SUN
Logo yang satu ini mungkint terlihat cukup jelas. Logo ini memiliki
konsep dari sebuah ambigram, yakni sebuah bentuk desain permainan huruf
atau bentuk dimana sebuah kata akan dapat dibaca dari berbagai macam
sudut atau pandangan. Logonya ini membuat kata 'SUN' dapat dibaca dari
berbagai arah.
Uniknya, orang yang mendesian logo ini tidak mengerti sama sekali
mengenai simbologi, ia adalah seorag professor ilmu komputer di
Universitas Stanford, Vaughan Pratt, seorang "pria komputer." Ini
memberikan pengaruh dan pandangan bahwa setiap orag dapat mendesain logo
yang baik jika mereka memikirkannya dengan baik.
10. MyFonts - Tangan
Distributor yang dibeli oleh Monotype Corporation senilai 50 Juta
Dollar (sekitar 490 Miliar Rupiah), ini memiliki logo yang sangat cerdik
dan unik. Sadarkan Anda bahwa kata 'My' ini menggambarkan gambar tangan
dimana memberikan arti bahwa jika Anda menggunakan situs mereka maka
serupa dengan tangan Anda mengambil font mereka. Uniknya kata 'My'
sendiri saja sudah memberikan gambaran seperti itu, bahwa font mereka
adalah milik siapapun yang memakainya.
Kirimkan Ini lewat Email
BlogThis!
Berbagi ke Facebook
0 komentar:
Posting Komentar