Jumat, 02 Agustus 2013

Ini Dia Desain Rumah Korea!

Kalian semua pasti tahu negara satu ini. Terkenal dengan musik pop nya yang sangat disukai hampir di seluruh dunia, akhir-akhir ini budaya korea merupakan salah satu trend masa kini yang paling digandrungi oleh remaja. Mulai dari musik pop nya, gaya berpakaian, makanan sampai film-film asal korea kini sangat laku di berbagai penjuru belahan dunia! Keberhasilan korea ini mampu mengalahkan Jepang, negara Asia lain yang berhasil masuk ke pasar Internasional sebelumnya.
Budaya Korea, terutama dalam bidang musiknya kini tengah menjadi tren yang sangat “in” bagi remaja Budaya Korea, terutama dalam bidang musiknya kini tengah menjadi tren yang sangat “in” bagi remaja
Nah, oleh karena segala yang berbau korea, kini terbilang trending topic yang tidak boleh dilewatkan, rumahku tertarik untuk membahas desain rumah korea mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Kalau mau tahu mengenai bagaimana mendesain rumah ala korea yang keren dan antik, jangan ragu-ragu untuk baca terus artikel ini sampai habis yah!
Mulai dari rumah tradisionalnya. Rumah tradisional korea sering disebut juga dengan sebutan “hanok”. Hanok atau rumah tradisional korea merupakan rumah sederhana yang terbuat dari material alami seperti susunan batu-batuan, kayu, kertas, rumput atau bahkan dari rangkaian jerami. Tapi sekarang ini rumah tradisional yang memakai jerami sudah jarang terlihat di Korea. Hal ini karena rumah yang terbuat dari material jerami, tidak awet terhadap tekanan cuaca dan mudah terbakar jika terkena api.
Inilah Hanok atau Rumah Tradisional Korea yang terbuat dari batu, kayu dan atap gentingInilah Hanok atau Rumah Tradisional Korea yang terbuat dari batu, kayu dan atap genting
 Inilah Hanok atau Rumah Tradisional Korea yang terbuat dari Jerami
Inilah Hanok atau Rumah Tradisional Korea yang terbuat dari Jerami
Yang uniknya, rumah tradisional korea dibedakan berdasarkan kasta penduduknya. Bangunan megah besar dengan atap terbuat dari genting, dengan pintu gerbang besi-kayu dan desain warna-warni biasanya dimiliki oleh penduduk korea kelas atas atau bangsawan, sedangkan rumah yang terbuat dari jerami biasanya dimiliki oleh para petani. Untuk rumah yang digunakan para bangsawan biasa disebut sebagai giwajip sedangkan rumah yang dihuni para petani biasa disebut sebagai chogajip.
Ujung-ujung atap pada rumah korea tradisional (hanok) pada umumnya selalu menengadah ke langit Ujung-ujung atap pada rumah korea tradisional (hanok) pada umumnya selalu menengadah ke langit
Bentuk khas yang membedakan desain rumah korea dengan desain rumah pada umumnya adalah bentuk unik pada atapnya. Pada atap rumah tradisional korea, bentuk ujung-ujungnya selalu melengkung ke atas menghadap langit. Selain itu, fitur unik lain yang terdapat pada rumah tradisional korea adalah adanya sistem penghangat menggunakan ondol. Ondol adalah perapian yang terletak tepat di bawah lantai rumah. Lantai rumah yang biasanya dibuat dari kayu membuat kehangatan yang ditimbulkan oleh api di ondol dapat menyebar secara merata.
Inilah sistem penghangat ruangan menggunakan Ondol pada rumah tradisional korea Inilah sistem penghangat ruangan menggunakan Ondol pada rumah tradisional korea
Nah, begitulah sekilas pembahasan mengenai rumah tradisional korea atau hanok. Kira-kira di zaman sekarang ini pembangunan rumah dengan desain hanok masih nge-trend atau tidak ya di korea sana?
Ternyata, menurut banyak sumber yang rumahku baca, bentuk rumah tradisional korea yang artistik dan unik masih cukup banyak diminati lho. Bahkan banyak yang kemudian menggabungkan desain rumah tradisional korea ini dengan desain rumah modern lain seperti desain ala italia misalnya. Hal ini menyebabkan banyak muncul rumah tradisional atau hanok bergaya modern. Penampilannya sungguh historik namun tidak terkesan kaku dan sangat cantik.
Lihat saja rumah tradisional korea yang diberi sentuhan desain minimalis ini. Dengan mengusung gaya minimalis dan sederhana tanpa meninggalkan ciri-ciri utama dari rumah tradisional asli korea kita bisa melihat hasil jadi yang cukup menakjubkan.
Tampak depan dari Rumah tradisional-modern korea bergaya minimalis
Tampak depan dari Rumah tradisional-modern korea bergaya minimalis
Interior dapur dan ruang keluarga dari rumah tradisional-modern korea minimalis Interior dapur dan ruang keluarga dari rumah tradisional-modern korea minimalis
Halaman pada rumah tradisional-modern korea bergaya minimalis Halaman pada rumah tradisional-modern korea bergaya minimalis
Jika melihat bagian eksterior, kita akan melihat hanok tradisional yang beratap susun seperti kuil dan berdinding batu. Namun ketika berjalan ke dalam rumah, kalian bisa melihat betapa modernnya desain rumah satu ini dengan dinding berwarna hijau terang disertai perabot dengan model minimalis terkini. Pintu gerbang rumah ini terbuat dari kayu dibuat dengan desain khas istana korea zaman dulu sedangkan material utama bangunannya kebanyakan terbuat dari kayu.
Selain itu lihat juga rumah modern-tradisional yang lain. Rumah ini terletak di Korea Selatan yang merupakan properti milik Hongnam Kim, seorang peneliti sejarah seni di korea yang juga berprofesi sebagai professor di Ewha Womans University. Berbeda dengan hanok sebelumnya yang mengusung gaya minimalis ala italia sebagai desain utama rumah, Hongnam Kim lebih memilih mempertahankan gaya asli tradisional korea di beberapa ruangan dan membuat desain modern murni di sisa ruangan yang lain. Jika ingin menikmati suasana modern di rumah ini, kunjungi saja dapurnya yang didominasi cat putih yang dilengkapi peralatan dapur canggih atau ruang depan yang dihiasi dengan lukisan dan karpet seperti halnya desain rumah ala Eropa. Namun jika ingin menikmati suasana khas tradisional korea, kita bisa berkunjung ke kamar tidur yang masih didominasi oleh lantai kayu dan pintu geser serta tempat tidur dan tempat duduk-duduk lesehan ala korea.
 Tampak depan dari Rumah tradisional-modern korea bergaya klasik
Tampak depan dari Rumah tradisional-modern korea bergaya klasik
Interior Ruang Depan dari rumah tradisional-modern korea bergaya klasik
Interior Ruang Depan dari rumah tradisional-modern korea bergaya klasik
 Interior Dapur dari rumah tradisional-modern korea bergaya klasik
Interior Dapur dari rumah tradisional-modern korea bergaya klasik
 Interior kamar dari rumah tradisional-modern korea bergaya klasik 
 Interior kamar dari rumah tradisional-modern korea bergaya klasik

2 komentar:

Unknown mengatakan...

keren

laura mengatakan...

Suka ..

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management