Selasa, 21 Januari 2014

Perbandingan Aplikasi Chatting Kakao Talk, Line, WhatsApp & WeChat.

Berkembangnya produksi smartphone di berbagai belahan dunia membuat para developper aplikasi juga ikut menerbangkan sayapnya, setelah sebelumnya aplikasi chatting dikuasai penuh oleh Blackberry Messenger dan juga WhatsApp messenger, di tahun 2013 ini telah muncul banyak sekali aplikasi chat messenger yang beredar di semua smartphone, entah itu pada smartphone android, blackberry, nokia windows 8 mobile, serta aplle iPhone iOS.
Kakao Talk, Line, WhatsApp & WeChat
Beberapa aplikasi chatting terbaru yang mulai mengibarkan sayapnya ialah aplikasi Whatsapp , Line messenger, Wechat messenger, serta Kakaotalk. Munculnya beberapa aplikasi chatting terbaru 2013 tersebut tentunya juga memiliki keanekaragaman fitur yang berbeda- beda, keistimewaan dan kelebihan fitur masing- masing memiliki invoasi dan daya tarik tersendiri bagi kalangan pengguna smartphone. Nah disini kami akan mencoba mengulas perbandingan fitur yang ada pada aplikasi chatting Kakao Talk, Line, WhatsApp  dan juga WeChat. Kurang lebih berikut ulasan lengkapnya.
Pengguna smartphone indonesia dikenal doyan texting dengan kata lain suka mengirim pesan instan. Tidak ayal, penyedia service instant messaging dunia berlomba-lomba berekspansi ke tanah air. Sebut saja kakaotalk, line, wechat, sampai yang telah lebih dulu popular, whatsapp. Pengguna pasti jadi pihak yang diuntungkan dengan ramainya persaingan aplikasi chatting/ instant messaging ini.
Bagaimana tidak, masing- masing aplikasi chat Kakao Talk, Line, WhatsApp & WeChat menawarkan service yang menarik dan berlomba- lomba menawarkan fitur gratisan entah berupa text maupun telepon pada user. Di segi lain, pengguna diberi kebebasan untuk menentukan, akan menggunakan aplikasi yang mana untuk diinstall pada ponselnya.
Sekilas fitur yang di tawarkan seluruh aplikasi tersebut tampak serupa, meringankan sharing pesan dengan sebagian emoticon yang menarik. Walau demikian, saat ditanya pada pihat pembesutnya, mereka menolak disamakan satu sama lain.
Aplikasi Line Messenger
Layaknya ditegaskan Simeon Cho, general manager line contohnya. Aplikasi besutan mereka diklaim punya langkah yang lebih asyik untuk menggambarkan emosi seseorang, yaitu dengan sticker. Sticker yang membedakan line dengan aplikasi sejenis yang lain, serta itu yaitu di antara keunggulannya, kata cho pada redaksi kami beberapa waktu lalu.
Pria asal korea selatan tersebut juga mengatakan banyak hal yang bikin Line bukan hanya sebatas aplikasi chatting biasa. Sebut saja dengan kehadiran game, aplikasi kamera serta tools, dan account publik yang dapat di-follow beberapa pengguna line lainnya. Dan salah satu penyebab line tidak dapat dibanding dengan aplikasi pesan instan yang lain, line telah mempunyai ekosistem sosial, tandas cho.
Aplikasi Kakao Talk Messenger
Dan berbicara mengenai Kakao talk (Aplikasi chatting asal korea selatan) sepertinya mulai merasakan antusiasme yang besar dari beberapa pengguna smartphone di indonesia. Kakaotalk mencatat kenaikan 288% untuk pemakaian aplikasinya di indonesia tercatat dari bulan Januari- Februari 2013.
Sedangkan di Negara asal pembuatannya (Korea selatan) Kakaotalk mengklaim jadi aplikasi chatting pesan instan favorit dengan 97% dari pengguna smartphone di korsel sudah memakainya.  Untuk lebih menggaet pengguna indonesia, kakao talk lalu berkolaborasi dengan sebagian mitra lokal untuk memperkaya content. Ini terhitung bikin emoticon spesial dengan warna lokal berbarengan dengan desainer, pengembang aplikasi, sampai bekerja bersama dengan operator dan kemitraan untuk bikin content mobile promotion.
Pendekatan kami untuk customer indonesia terbagi jadi dua cabang. Pertama, melewati segi korea, kami berikan yang terbaik dari fitur popular korea. Serta ke-2, bekerja bersama dengan langkah yang saling menguntungkan dengan developper serta komune kreatif untuk mengusung content lokal indonesia yang menarik, kata Kate Sohn, VP Global Business Development Kakao Corp.
Aplikasi Wechat Messenger
Adapun aplikasi chatting wechat lebih ambisius lagi. Aplikasi asal China ini mengklaim jadi aplikasi chatting nomer satu di indonesia, dengan tempati posisi paling atas di apple app store serta google play.
Kami amat bangga lihat wechat menggapai posisi nomer di app store serta play store. Perihal ini menunjukkan besarnya sambutan indonesia pada product kami. Tencent memanglah mempunyai tujuan untuk berikan fasilitas komunikasi terbaik serta berkwalitas dengan fitur-fitur unggulan, serta kesuksesan ini makin meningkatkan kami untuk sediakan pengalaman yang tambah baik lagi untuk beberapa pengguna setia kami di indonesia, tutur Vincent Wang, Managing Director MNC Tencent, Wechat Operation.
Tak hanya bisa dipakai di ios serta android, baru-baru ini wechat juga sudah meluncurkan versi aplikasi wechat untuk blackberry, yang pernah melejit ke posisi nomer 2 diantara aplikasi lain diBlackberry World. Fitur-fitur wechat diantaranya push to talk, moments, serta beragam macam emoticon. Nah disini kami juga memiliki beberapa artikel terkait aplikasi wechat seperti pada artikel Cara daftar wechat, kemudian Cara menggunakan wechat, serta Cara mengatasi Server Busy Wechat.
Saat ini 300 juta orang didunia sudah terdaftar sebagai pengguna wechat. Untuk menambah pengalaman menggunakan aplikasi ini, kami telah menyiapkan update-update khusus. Indonesia dapat jadi di antara dari negara-negara yang pertama tahu bahwa kurun waktu dekat ini kami dapat melepaskannya ke pasaran, ungkap Poshu Yeung, Vice President Tencent International Business Wechat.
Namun belakangan wechat diterpa isu tidak populis, sesudah dikabarkan tidak dapat lagi gratis. Tetapi Liu Chiping sebagai president tencent — sebagai induk usaha wechat — dengan cepat menolak isu tersebut.
Aplikasi Whatsapp Messenger
Lalu, bagaimana dengan whatsapp ? Sejatinya sebelum saat line, wechat serta kakaotalk mencuat di indonesia, nama whatsapp sudah lebih dulu popular. Aplikasi ini sukses jadi alternatif service pesan instant lintas platform favorit pengguna.
Isu paling akhir, whatsapp akan dipinang raksasa internet google. Tidak tanggung-tanggung, dana hingga usd miliar atau setara rp 9, 6 triliun dilaporkan jadi harga untuk menebus whatsapp.
Bila benar google akan menjado pemilik baru whatsapp, google diperkirakan akan mengkolaburasikan instant messaging popular itu dengan sederet produknya. Layaknya dengan google voice, google hangouts, google talk, serta yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management