Selasa, 12 November 2013

10 Kebiasaan Buruk Perusak Otak Kita


Dalam kehidupan sehari -  hari, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan yang tanpa disadari dapat membahayakan otak. Berikut ini 10 hal yang dapat merusak kesehatan otak kita :

1.      Tidak sarapan.
Tanpa sarapan, kadar gula kita lebih rendah dari batas normal. Ini menyebabkan asupan nutrisi pada otak terganggu hingga mengakibatkan degenerasi otak. Tanpa sarapan pula mengakibatkan daya konsentrasi kita menurun.

 
2.      Makan terlalu kenyang.
Makan yang berlebihan hingga menyebabkan perut terlalu kenyang menyebabkan pengerasan pembuluh darah otak. Hal ini menyebabkan otak kita sulit mendapat asupan gizi yang disalurkan dari pembuluh darah otak, penurunan kekuatan mental, nafsu akan duniawi (seperti harta, sex, dll.)kita sulit dikendalikan atau berlebihan.

3.      Merokok.
Merokok menyebabkan pengerutan otak karena sel – sel otak banyak yang mati, yang akhirnya memicu penyakit kanker otak dan paru - paru serta  Alzheimer.

4.      Mengkonsumsi gula secara berlebihan.
Tidak hanya menyebabkan diabetes, mengonsumsi gula secara berlebihan akan menghalangi penyerapan protein dan nutrisi. Ini berakibat pada kekurangan gizidan mengganggu pertumbuhan otak.

5.      Polusi udara.
Otak merupakan pengguna sebagian besar oksigen yang kita hirup. Jika kita menghirup udara yang berpolusi dapat mengurangi pasokan oksigen pada otak kita, menyebabkan kerja dan kesehatan otak terganggu.

6.      Kurang tidur.
Tidur memberi kesempatan kepada otak kita untuk beristirahat. Kurang tidur yang berkepanjangan akan mempercepat kematian sel otak, karena otak hanya diperas bekerja terus tanpa adanya istirahat.

7.      Menutupi kepala saat tidur.
Ini merupakan kebiasaan sebagian besar orang. Padahal, tidur dengan kepala tertutup baik oleh bantal, tangan, atau benda benda lain yang dapat menutupi kepala kita menyebabkan konsentrasi karbon dioksida dan mengurangi konsentrasi oksigen pada otak. Ini berakibta pada kerusakan otak.

8.      Memeras otak saat sakit.
Pada saat tubuh kita sakit, kelelahan jangan digunakan untuk melakukan aktifitas yang berlebihan. Ini tidak hanya berbahaya bagi kondisi tubuh, tetapi juga otak yang berakibat pada penurunan efektifitas kerja otak dan merusaknya sekaligus.

9.      Kurangnya rangsangan terhadap otak.
Berpikir merupakan cara terbaik untuk merangsang otak, tapi juga harus diiringi dengan istirahat dan tidak terlalu keras. Ini dapat menambah IQ atau tingkat kecerdasan dan ketangkasan otak. Tanpa dirangsang, lama kelamaan otak kita bisa mengerut atau sel – sel otak banyak yang mati karena tidak digunakan lagi.

10.  Tak banyak bicara.
Berbicara dapat  meningkatkan efisiensi otak, tapi dengan pembicaraan yang cerdas dan berguna. Mungkin ini agak sulit bagi para orang pendiam, tapi dapat dicoba secara sedikit – sedikit. Jadi, jangan biarkan otak kita malas agar tidak rusak.
10 hal diatas merupakan beberapa hal yang biasa dalam kehidupan sehari – hari. Maka dari itu kita harus lebih berhati – hati lagi untuk menjaga otak kita agar terhindar dari berbagai kerusakan otak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management