Selasa, 12 November 2013

Negara yang merayakan hari kemerdekaan 17 Agustus sama dengan Indonesia

TUJUH BELAS AGUSTUS TAHUN EMPAT LIMA.ITULAH HARI KEMERDEKAAN KITA. HARI MERDEKA NUSA DAN BANGSA HARI LAHIRNYA BANGSA INDONESIA. MER….DE………KA………
DAN SETERUSNYA…….
Tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Kita sering merayakannya dengan penuh keramaian. Biasanya sih,. Lomba panjat pinang, makan kerupuk, sampe makan teman.. maksudnya makan jajannya teman gitu,.. hehe..
Yap.. 17 agustus yang sebagian besar orang menganggap adalah hari kemerdekaan Indonesia, ternyata tidak. Maksudnya,.. tidak hanya Negara Indonesia saja yang merayakan 17 agustus sebagai hari kemerdekaannya. Tetapi, ada Negara lain yang hari kemerdekaannya sama dengan Indonesia. Nah, Negara yang hari kemerdekaannya sama dengan Indonesia adalah Negara Gabon. Gabon adalah negara yang terletak di Afrika bagian barat. Negara ini merdeka tanggal 17 Agustus 1960 dari Perancis. nah, kita 15 tahun lebih dulu merdeka dari pada Gabon. Kira-kira di Negara Gabon ada lomba makan kerupuk, balap karung, dan panjat pinang gak ya ? 
Selain Gabon, ada lagi lho negara dekat kita yang merayakan hari kemerdekaannya dengan bulan yang sama. Negara Mana tuh ? Itu lho... negara yang sering menjiplak budaya kita ? Yaph,. btul sekali,. Negara Malaysia. Malingsia,. Ups,. Malaysia ..
Malaysia sendiri mendapatkan kemerdekaanya dari Inggris yang juga merupakan sekutu Belanda pada tanggal 31 Agustus 1957. Tuanku Abdurrahman yang merupakan Bapak Kemerdekaan telah mengadakan beberapa rundingan dan diplomasi dengan Pemerintah Inggris. Dengan berat hati Pemerintah Inggris merelakan Malaya untuk merdeka. 
Antara Indonesia dan Malaysia juga  pernah merayakan Acara Kemerdekaan bersama lho ? Berikut beberapa acara yang eprnah dilakukan bersama :
1. Siaran  Bersama
Indonesia dan Malaysia menyiarkan acara LIVE (Siaran Langsung) melalui Siaran Radio (RRI) dan TV (TVRI Indonesia dan RTM Radio Televisi Malaysia)  segmen Berbalas pantun, pertunjukan kesenian tradisional dan penampilan artis kedua Negara tersebut
2. Konser Musik Merdeka bersama 
Indosiar dan RCTI bekerja sama dengan stasiun-stasiun TV di Malaysia yaitu TV3 dan Astro Ria Untuk mengadakan Konser Merdeka bersama. Konser tersebut di laksanakan di Negara  masing-masing, Tetapi pada waktu dan Jam yang sama dan bergantian menampilkan artis dari kedua Negara. Selain itu Opini Masyarakat Imigran dari kedua Negara juga disiarkan Live setelah Artis tersebut tampil. 
Lalu sekarang kemanakah kerukunan itu ? Bulan yang sama dalam kemerdekaan ternyata kini justru saling menjegal. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management