Selasa, 05 November 2013

10 Alternatif Mesin Pencari Terbaik di Internet Selain Google Search

image
Google Search masih merupakan mesin pencari terbaik di internet. Begitu banyak mesin pencari lain yang mencoba untuk mengalahkannya namun gagal. Saking powerfull dan kuat-nya brand Google sebagai mesin pencari, bahkan para pengguna internet tidak pernah mengenal alternatif mesin pencari lain selain Google.
Ada banyak alternatif mesin pencari atau search engine di Internet. Kemampuan mesin pencari alternatif tersebut juga tidak kalah dengan Google Search. Berikut 10 alternatif  mesin pencari terbaik di Internet selain Google Search yang bisa Anda coba.
 
1. DuckDuckGo
image
DuckDuckGo menurut saya adalah pesaing terbaik untuk Google Search saat ini. Duck duck go menggunakan crawler sendiri ( duckduckbot ) untuk mengkompilasi dan meng-indeks suatu halaman web. Selain menggunakan banyak sumber data, mesin pencari ini juga melakukan post-processing  untuk menyaring halaman-halaman web yang hanya berisi iklan atau hanya berisi konten yang tidak bermanfaat. Tampilan antar muka yang bersih dan juga menyediakn keyboard shorcuts untuk navigasi menjadi salah satu kelebihan mesin pencari ini.
2. Yahoo Search!
image
Yahoo search merupakan pemain mesin pencari di internet yang cukup populer. Menurut Net Applications, Yahoo Search merupakan search engine terbesar kedua setelah Google Search. Yahoo Search masih di percaya sekitar 6.42% oleh para netter di seluruh dunia untuk mendapatkan informasi di internet, walaupun tidak sebanding dengan Google yang menguasai bisnis mesin pencari ini di angka 85.35%.
3. Bing
image
Bing dari Microsoft merupakan salah satu mesin pencari yang mencoba mengalahkan Google search, namun gagal. Bing ini merupakan bentuk hasil merger yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.
4. Ask
image
Ask merupakan salah satu mesin pencari internet yang bisa dikatakan “tua” karena telah hadir sejak 1996 oleh Garrett Gruener & David Warthen di Berkeley, California. Ask juga dikenal sebagai  Ask Jeeves di tanah Inggris Raya. Tidak seperti mesin pencari internet lainnya, Ask menyediakan menu Adavance Seach di mesin pencarinya untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik.
5. Clusty
image
Clusty merupakan salah satu alternatif lain yang bisa Anda gunakan sebagai mesin pencari di internet. Dengan YIPPY, para pengguna tidak hanya memperoleh privacy, tapi juga keamanan dan kemampuan pencarian yang di klaim lebih baik dibanding para pesaingnya.
6. Technorati
image
Technorati  sebenarnya adalah mesin pencari internet untuk mencari blog. Pencarian di Technorati akan menghasilkan list yang di peroleh dari berbagai media yang ada di internet terutama weblog. Pengguna bisa melakukan pencarian berdasarkan tag atau kata kunci tertentu di situs ini.
7. FilesTube
image
FilesTube merupakan mesin pencari yang lebih mengkhususkan hasil pencariannya merupakan file yang terdapat berbagai situs file hosting. Beberapa situs file hosting  yang biasanya di rujuk yaitu  Uploaded. to, Rapidgator.net, Netload.in, 4shared.com, Extabit.com, Turbobit.net, Mediafire.com dll.
8. Hakia
image
Hakia bisa menjadi salah satu alternatif mesin pencari di internet. Hasil pencariannya di pisahkan ke beberapa kategori seperti  Web, News, Blogs, Twitter, Image dan Video, dan bida di urutkan berdasarkan hal yang relevan atau di urutkan  berdasarkan hari.
9. Quintura
image
Quintura Kids merupakan mesin pencari internet khusus anak yang sudah menggunakanfitur  konten filter dan safe browsing yang aman untuk anak-anak. Saat ini Quintura hanya mendukung pencarian dalam Bahasa Inggris dan Rusia.
10. Blekko
image
Blekko adalah mesin pencari internet yang fokus pada kualitas, relevansi dan jaminan bebas dari spam. Algoritma yang digunakan pada mesin pencari ini berhasil menghapus web-web spam di hasil pencariannya dan hanya menampilkan web yang punya reputasi dan berkualitas.
Sumber : http://www.shirogadget.web.id/10-alternatif-mesin-pencari-terbaik-di-internet-selain-google-search/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management