Minggu, 08 September 2013

Perlakuan tidak adil SM Entertainment terhadap Super Junior menyisakan topik hangat

Kontroversi  terkait dengan perlakuan tidak adil yang diterima Super Junior dari SM Entertainment (terutama jika dibandingkan dengan SNSD) masih panas di boards Korea. Baru-baru ini, post di Nate Pann menerima sekitar 205.069 view dan menjadikannya masuk ke 10 post paling banyak dilihat atau dikomentari dalam sepekan. Post tersebut menerima 2.125 rekomendasi dan 1.227 komen tertanggal 16 Oktober.
1. Mari mulai dengan apa yang diri Lee Soo Man pikirkan tentang Super Junior (ini diambil langsung dari wawancara yang dilakukan padanya).
“그는 ㅂㅇ 가 일본 진출에 성공한 이후 아시아뿐만 아니라 세계에서 통할 수 있는 최고의 팀을 구상했다. 그러나 자원의 한계 때문에 선택과 집중이 필요했다. 그래서 여러 팀에서 최고를 한 사람씩 뽑아서 메이저리그라고 할 수 있는 단 한 팀을 구성했고, 그것이 ㄷㅂㅅㄱ였다. “여기에 선발되지 않은 팀은 모두 와해될 판이었습니다. 하지만 계약을 했기 때문에 책임져야 했지요. 그래서 그런 팀 중에서 음악도 잘하고 버라이어티쇼도 할 수 있는 팀으로 키운 게 슈퍼주니어였어요. 그들은 살아남기 위해 피눈물나는 노력을 기울였고, 저희도 미안해서 도와주게 됐지요.”
“Lee Soo Man sukses mengembangkan BoA ke pasar Jepang dan memulai rencana tim terbaik yang akan dibawanya tidak hanya di Asia, tapi seluruh dunia.  Karena keterbatasan dukungan, dia harus fokus dan memilih. Dari beberapa tim yang berbeda, dia memilih member dari tiap tim dan membawa mereka bersama untuk menciptakan tim utama. Tim tersebut adalah DBSK. Lee Soo Man menyatakan, “Member yang tidak terpilih sebagai bagian dari tim berada di ambang dis-integrasi (pembubaran). Tapi karena kami sudah membuat kontrak dengan mereka, kami harus mengambil tanggung jawab. Satu tim bernama Super Junior, grup yang kami besarkan untuk unggul dalam musik dan variety show. Dalam keadaan untuk bertahan, mereka harus menumpahkan air mata darah melalui upaya mereka. Kami merasa bersalah pada mereka, itulah sebabnya kenapa kami membantu mereka.”
Jadi kutebak itu adalah bukti kalau mereka tidak peduli pada apa yang terjadi dengan kita dan mereka hanya mendukung grup terlepas karena simpati (rasa kasian). Untuk SM, itu bukan masalah Super Junior bisa melakukan dengan baik atau tidak. Aku merasa sangat buruk untuk oppa kami, mereka tidak punya apa-apa tapi penggemar mereka mempercayakannya pada perusahaan seperti itu.
Adalah penggemar yang selalu mempromosikan album Super Junior untuk mereka.
2. SM Entertainment mengganti konser solo Super Junior menjadi konser SM Entertainment.
ropa telah mengirimkan banyak permintaan untuk sebuah konser Super Junior. Tepat ketika mereka mempersiapkan satu, SM menggantinya dengan konser penuh SM Entertainment.
Peru vote Super Junior sebagai artis nomor satu yang mereka inginkan untuk ditonton disana. Bukan SM Town, tapi Super Junior. Mereka melakukan petisi untuk konser Super Junior beberapa kali sekarang.
3. Kualitas Album
Album SNSD dibuat dari besi – kenyatannya usaha keras sudah dilakukan untuk itu. Tapi untuk kita? Bahkan sejak album kedua, kita tidak mendapatkan apapun kecuali potongan kertas.
Dan itu justru lebih bgus. Kudengar kalau album besi SNSD hanya seharga $19. Potongan kertas kita seharga $20. Sejak kapan kertas menjadi begitu mahal di Korea?
SM tidak pernah melakukan apapun untuk kita. Pertama kali, kita hanya kesal dan terkejut, sekarang kita terbiasa dengan itu. Tidakkah kalian pikir ini terlalu berlebihan?
4. SM mencoba untuk menunda Super Junior Show
5. SM selalu menggunakan kembali set untuk MV dan teaser Super Junior
6. SM selalu memotong Super Junior dengan ‘dll’ ketika mereka berbicara tentang perusahaan mereka di artikel.
Sebagai contoh: “Dimulai dengan H.O.T., artis dibawah SM seperti BoA, TVXQ, SNSD, dan lainnya menerima banyak popularitas diluar negeri.”
Lee Soo Man juga menyatakan, “DBSK adalah grup yang dibentuk dengan mengambil member terbaik dari tiga tim idola. Super Junior adalah grup dengan sisa dari member tersebut. Karena itu, ada perbedaan yang besar dalam kemampuan, itulah kenapa mereka harus mengertakkan gigi mereka dengan bekerja keras untuk menjadi idola besar dunia. Ini adalah hasil yang diriku tidak pernah perkirakan (secara harfiah berarti harapkan).”
7. Ketidakpuasan Heechul di radio:
“내가 가끔그러거든요.그 회사분들이랑 얘기할떄 아니우리뭐 대만에서 38주 1위하고 뭐 미인아도 지금뭐 18주짼지 몇주짼지 1위래요 이런거#%@#^* 왜 우린왜 기사 많이 안나와요. 따른데 처럼 막 플레이하고 우리도 빵빵해야지 우린 아무것도 안하는줄 알잖아요.그렇게 얘기하면은 회사에서 어떻게 하면 되게 고마운 말이에요. 아이.. 우리는 슈퍼주니어가 그정도하는거는 어느정도 되게 당연하다고 생각하기 떄문에 고런걸로 괜히 호들갑 떨필요 없다고 생각한다. 그래가지고 제가 그러거든요. YO말만잘해 욕쉬~”
Heechul: “Aku terkadang menyebutkan bagaimana kami bisa menduduki posisi satu di Taiwan selama 38 minggu dan bagaimana Bonamana menjuarai selama 18 minggu dan hal-hal seperti itu ketika berbicara pada orang-orang di perusahaan kami dan menanyakan kenapa mereka tidak membuat beritanya untuk kami. Aku meminta mereka untuk mengeluarkan beberapa berita utama seperti yang perusahaan lain lakukan jadi orang-orang tidak hanya berpikir kalau kami tidak melakukan apa-apa. Ketika aku mengatakan hal seperti itu, bagaimanapun juga, mereka akan mengatakan balik, “Itu karena kami pikir kalau Super Junior pasti mencapai itu. Aku tidak berpikir itu penting untuk berususan dengan hal semacam itu.” Jadi aku kemudian selalu mengatakan kembali, “YAHH, kalian semua bicara.”
8. ELF, semakin banyak hal seperti ini terjadi, mari tidak melupakan asal kita dan melanjutkan untuk melindungi Super Junior!
“Ini bukan tangisan dari anak yang belum dewasa. Menjadi penggemar berarti cukup berani untuk melindungi apa yang paling berharga untukmu.”
Aku ingin membuatnya jelas untuk Sone atau penggemar grup SM yang lain kalau kami tidak membenci SNSD atau Sone. Kami mengkritik perlakuan tidak adil yang SM berikan pada Super Junior! Sone, tolong jangan meminta maaf untuk sesuatu yang bukan kesalahan kalian.
~~~
Ada 3 balasan terbaik untuk artikel diatas:
1. 1,413 setuju, 54 tidak setuju
“Jadi mereka membentuk grup yang mereka tidak pernah pikirkan bisa melakukan dengan baik karena murni simpati. Mereka (SM) membuat mereka (Super Junior) hanya tidur 2-3 jam sehari dan bepergian ke Malaysia, China, dan Korea hanya dalam sehari. Mereka membuat seseorang yang kehilangan ayahnya tiga minggu lalu untuk berada di panggung dan menyanyikan lagu gembira. Mereka membuat orang yang cidera yang bahkan tidak bisa berjalan dengan baik menyeret kakinya untuk menyanyi diatas panggung. Mereka membuat seseorang yang baru keluar dari sebuah kecelakaan mobil untuk pergi ke acara TV. Pada beberapa kondisi tragis, kau memaksa anak-anak itu untuk pergi ke variety show, perform di beberapa acara, membuat mereka berbicara tentang kesalahpahaman dan kritikan hanya supaya kalian bisa menyentuh uang lebih. Bahkan jika mereka menciptakan tawa di variety shows, bekerja keras sampai titik pingsan, mereka hanya diberikan beberapa ribu untuk kerja keras mereka – semua member termasuk. Bahkan budak diperlakukan lebih baik dari ini.”
2. 1,382 setuju, 67 tidak setuju
“Super Junior menumpahkan air mata darah untuk mencapai posisi dimana mereka berada sekarang.”
3. 751 setuju, 19 tidak setuju
“Seberapa banyak kami harus bekerja keras untuk mendapatkan sedikit dukungan? Super Junior bisa mengendarai jet pribadi untuk jadwal mereka di Music Core kali ini, tapi itu tidak disediakan oleh perusahaan, melainkan stasiun penyiaran. Terima kasih,  stasiun penyiaran.”
Balasan Acak
“Itulah alasan kenapa Super Junior begitu manis pada penggemarnya. Semua hal yang perusahaan dan jaringan mereka katakan berbeda jadi meskipun mereka (SJ) mempercayai mereka (SM), mereka (SJ) tidak mempercayai mereka (SM) sepenuhnya. Mereka tidak punya apa-apa kecuali penggemar mereka untuk bergantung… ELF tahu itu, jadi kami saling memperhatikan satu sama lain. Berpikir kembali ke waktu-waktu dimana kita memohon bersama, menderita bersama, dan menangis bersama membuatku berpikir kalau aku tidak bisa lepas menjadi penggemar dulu. Hal-hal dimana fandom lain perlu tiga, empat tahun untuk berpengalaman, kami menjadi berpengalaman hanya dalam 1000 hari sejak debut mereka. Kami tidak memiliki tempat dimana kami harus percaya – tidak perusahaan, tidak seorangpun – kecuali para member. Para member tahu itu dan akan selalu disisi kami. Perusahaan tidak pernah memberikan mereka dukungan, dan penggemar, menggunakan tangan kami sendiri, membuat mereka mendapatkan posisi DJ mereka sekarang. Postingan ini membuatku berpikir diwaktu lampau dimana aku percaya kalau apa yang kita harus kita lakukan adalah menggenggam ini… menggenggamya sampai grup cukup dewasa, sampai mereka benar-benar di puncak, untuk menciptakan dan menuliskan kembali sejarah karena kita memiliki lebih banyak hal untuk ditunjukkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management